Jumat, 23 Maret 2012

THE FINE DAY 21.03.2012 : "THE CONCEPT OF INCOME"


Oleh:  Freddy  Pieloor

Dear Keluarga MnL yang penuh tawa dan canda,

Selamat pagi,


Apa kabar Anda?
Bagaimana dengan keluarga Anda?

Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan tdk kurang satu apapun serta bahagia.

Ya, saya menjumpai Anda kembali dalam momen THE FINE DAY tanggal 21 Maret 2012 hari ini.

Hari ini saya ingin membahas sebuah tema yg mungkin pernah Anda dengar atau baca, yaitu:


"THE CONCEPT OF INCOME"

Saya pikir Anda dan saya perlu memahami konsep penghasilan (bagi karyawan disebut gaji).

Apa arti gaji bagi Anda?

Apakah hanya berkonotasi sejumlah rupiah?

Bila hanya itu, berarti persepsi gaji sangat rendah "nilainya" ("value") bukan jumlahnya (amount).

Coba Anda tilik kembali, bagaimana Anda sampai menerima gaji.

Apa yang Anda pertukarkan sehingga akhirnya Anda menerima gaji?

Coba pikir!
Apa ayo!

Anda belum tepat menjawabnya.

Baik, daripada Anda mikir terus dan penasaran, saya berikan jawabannya.

GAJI = UMUR + OTAK + ENERGI

(Rumus ini saya temukan dan tidak saya peroleh darimanapun).

-----

Bila Anda membaca dan memahami rumusan di atas, mungkin Anda sudah mulai menganggukan kepala?!?

Ya, Anda pertukarkan UMUR Anda (bukan sekadar waktu, minggu, hari, jam, menit dan detik).

Dalam beberapa buku saya, karyawan sering saya sebut: UMANJI, dan sekarang saya ingin menyebutnya dengan:

"YUMANJI"

Pasti Anda pernah nonton film berjudul "JUMANJI" yang dibintangi Robin William (yg juga membintangi film "Patch Adam").

YUMANJI berarti YOU Manusia makan gaji.

Jadi para karyawan, pegawai, buruh dan lain sebagainya disebut YUMANJI, karena setiap bulan mengulurkan tangan untuk menerima upahan atau gajian.

Tiap bulan mengulurkan tangan, untuk menerima kucuran rupuiah dari dompet Boss.

------

Lalu, apa arti gaji Anda bagi Boss.

Ada yang tahu rumusannya?

Coba pikir lagi!

Kok, pake garuk kepala?

Belum keramas ya?

OK, saya akan berikan rumusan yang saya klaim saya temukan pagi ini setelah mandi.


GAJI bagi boss Anda ber-formula 5K:

KONTRIBUSI (O) + KINERJA (O) + KOMPETENSI (O)+ KONDIKTE (S) + KOMUNIKASI (S)

O berarti Objektif
S berarti Subjektif


--------


Dalam konsep gaji ini, ada juga dikenal sebuah hukum yaitu:

"The Parkinson Law"
Yang menyatakan:
"Semakin besar pendapatan seseorang, maka semakin besar pula pengeluaran akan biaya hidupnya"

Atau biaya mengikuti gaji.

Hah????

Kok bisa sich?

-----

Ok, silahkan Anda mengkaji dan merenungkan poin-poin di atas.

Dengarkan saya dan pahami bagi kehidupan Anda.

Semoga bermanfaat.



Salam,
Freddy Pieloor FFP, FMI
Family Family Counselor
Selasa, 20 Maret, 2012 18:06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar