Minggu, 15 Juli 2012

Pemahaman Visi dan Misi Penting




Setelah posting tulisan saya "Tulus dan Dari Hati Merubah Semuanya", pagi kemarin saya mendapat teman baru yg invite BBM saya.
Terjadilah pembicaraan sbb :

Surya : Hi pak Jhon. Tks dah add yah

Jhon : Ya trimakasih udah accept.

Surya : Lam kenal Pak

Jhon : Aku kenal pak surya dari Smart community

Surya : Oooo. Wah aku ada di Smart Comm ?

Jhon : Ya itu pak

Surya : Aku malah blum tau Pak kapan masuknya ksana
Hahahahaha
Btw seneng bs nambah temen Pak

Jhon : Bpk telah menginspirasi banyak orang bagus itu pak

Surya : Sukurlah Pak
Saya senang bs bermanfaat

Jhon : Pak aku bisa sharing tidak pak?

Surya : Boleh2 Pak
Seneng bs sharing

Jhon : Aku ini manager di Lembaga kursus. Tapi aku semangat mempromosikan kursus, tetapi didalam karyawan malah ngusir murid

Surya : Hmmmmm. Lalu

Jhon : Jadi gimana caranya memotivasi guru agar termotivasi bekerja yg terbaik pak?

Surya : Boleh tanya dulu Pak ?

Jhon : Boleh pak

Surya : Karyawan yg mengusir murid ini siapa ? Bagian dr divisi Bpk ?

Jhon : Guru Tamat Sekolah pendidikan TK pak
Jadi kita tidak maju pesat untuk perkembangan jumlah siswanya.
Ada beberapa guru atau karyawan tidak mempunyai visi yg sama gitu jadi apa yg aku lakukan pak?

Surya : Baik, sementara saya resume sedikit dulu
Ttp mungkin bs belum tepat
Tolong dibenarkan bila salah yah Pak

Jhon : Oh ok

Surya : Perusahaan Bapak adalah sbuah lembaga kursus
Dimana aktivitas adalah pendidikan

Jhon : Ya pak
Atau Bimbingan belajar pak sama itu

Surya : Lalu dr posisi yg terjadi adalah antara karyawan admin dan guru terjadi perbedaan visi dan misi
Akibat dr hal tsb adalah banyak murid yg keluar krn merasa tidak nyaman
Apakah bener Pak ?

Jhon : Antara saya yg manager tidak satu visi
Ya pak jadi banyak murid itu tidak bertahan lama belajar di Tempat kami

Surya : Apakah yayasan pusat mempunyai visi dan misi Pak ?

Jhon : Visinya ingin sukses dari segi jumlah murid dan mencerdaskan bangsa pak
Betul visi itu pak?

Surya : Visi sebenernya cukup mencerdaskan generasi muda
Kalo sukses dalam jumlah murid itu dampak

Jhon : Oh gitu ya?

Surya : Yup
Visi adalah petunjuk bagi pelaku usaha utk mengarahkan usaha kita ke arah yg bener

Jhon : Lalu gimana pak memotivasinya agar karyawan semua bisa satu visi dan termotivasi melakukan kerjaan yg terbaik secara konsisten pak? Agar kami tercapai sukses

Surya : Saran saya adalah buat visi dan misi

Jhon : Oh gitu

Surya : Setelah itu panggil semua karyawan dan guru utk ikut penjelasan ttg visi dan misi itu
Harus semuanya mengerti visi dan misi
Setelah itu sudah dipahami
Dibuatlah sistem ttg pelayanan kpd pelanggan

Jhon : Oh ya pak Visi dan misinya baik nya apa aja?

Surya : Ok saya akan kasih contoh dr komunitas saya yah Pak
Nanti tinggal diolah di intern perusahaan Bapak

Komunitas Sales Indonesia
Visi :
Menjadikan Profesi Sales sebagai Pilihan Terbaik

Misi :
1. MemberIkan informasi kpd masyarakat ttg profesi sales sbg pilihan terbaik. (Melalui seminar motivasi sukses)
2. Memberikan pelatihan ttg salesmanship pd masyarakat melalui seminar dan forum diskusi
3. Memberikan pembekalan ttg sales ethic dan profesionalisme sales.

Jhon : Pak Surya trainer bidang apa ?

Surya : Saya bukan trainer ttp saya hidup awalnya dr memotivasi diri sendiri
Lalu berdasar hal tsb saya mengembangkan utk bs memotivasi teman2 semua
Hasil yg ada adalah yg terposting di smart comm

Jhon : Oh good


Dari Cerita yg saya tulis pada hari ini. Saya merangkumkan bahwa :
1. Visi dan Misi adalah sesuatu yg penting utk meraih masa depan yg jelas dan terarah.
2. Visi dan Misi ini perlu dijelaskan kepada seluruh anggota bagian perusahaan.
3. Memahami sepenuhnya Visi dan Misi.
4. Menjalankan Visi dan Misi tsb.
5. Membuat Sistem pengelolaannya.
6. Melakukan Motivasi ke anggotanya utk meningkatkan skill mreka.
7. Evaluasilah penerapannya.
8. Yg penting sekali adalah tidak harus menjadi Trainer utk dapat menolong sesorang, namun abdikan kemampuan anda utk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Maka hidupmu akan semakin Ceria.


Salam Terang,
Surya
The New Concept Motivator
Senin, 2 Juli, 2012 12:51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar