Minggu, 05 Juni 2011

Sharing: Info Sehat

Sharing:  Hendra

Just share..


Manfaat olahraga bagi penderita diabetes:
- Menstabilkan kadar gula darah
- Menurunkan resiko sakit jantung
- Menjaga berat badan

Penderita diabetes sebaiknya memeriksakan kadar gula darah sebelum dan sesudah olahraga.

Ayo olahraga!

Cheers,

Hendra
Sun, 5 Jun 2011 04:06:30
= = = = = = = = = = = = = = = = =


Sharing:  Gusti

Saya tambahkan sedikit ya...
Untuk permasalahan gula darah ini cukup kompleks...
Karena dulu orang hanya mengenal masalah gula darah atau diabetes atau kencing manis ini di karenakan faktor keturunan... Tapi sekarang masalah gula darah juga bisa ditimbulkan melalui gaya hidup... Sehingga tipe2 dari masalah gula darah saat ini terbagi menjadi 4 tipe :
1. Tipe 1 atau faktor keturunan (genetik)
Faktor ini biasanya menurunkan masalah gula darah ke keturunan nya dgn sistem menyilang...
2. Tipe 2 atau faktor gaya hidup
Faktor ini paling banyak berkembang saat ini buat orang2 yang gaya hidupnya tanpa kontrol dalam makan maupun minuman keras...
3. Gestational atau ibu hamil
Faktor ini menyerang ibu hamil yang tidak kontrol konsumsi makannya yang biasanya beralasan butuh makan banyak krn berbadan 2. Ciri2nya bayi lahir dgn berat diatas 4 kg.
4. Tipe lain2
Karena hormon, obat, dan lainnya...

Cara pengendaliannya dgn 4 sehat 5 teratur :
Edukasi tentang Diabetes, Olahraga teratur, Diet makanan, Minum Obat atau Titrasi Insulin, dan Pengecekan gula darah secara disiplin....

Obat termurah untuk kendalikan gula darah atau diabetes adalah "Hindari stress dan banyak senyum"

Greatfull Regards,
Gusti
Product Consultant Diabetic Care
Area West Kalimantan
Sun, 5 Jun 2011 05:27:28

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =



Sharing:  Ade Irfan


mas Hendra dan pak Gusti,

saya tambahin dengan pengalaman saya tentang diabetes. Saya diabetes sejak umur 34 Tahun dengan kondisi kadar gula PP 423, sementara kadar gula puasa 328.
yang saya lakukan diantaranya :

1. Olahraga teratur setiap minggu minimal 4 x 30 menit, khusus untuk jalan kaki. Konon gula darah tersimpan di pantat dan kaki, sehingga lebih baik olahraga banyak-banyak dengan jalan kaki.

2. Makan teratur tanpa banyak mengkonsumsi karbohidrat, misal nasi putih saja dengan lauk protein, atau mie goreng lauk protein, jadi dalam sekali makan dihindari makan karbohidrat terlalu banyak.

3. Mengurangi atau menghilangkan ngemil baik itu ngemil gorengan atau makanan kecil lainnya.

4. Mengunyah makanan sampai lembut, jangan tergesa-gesa kalo makan

5. Banyak minum air putih.

6. Jangan tidur setelah makan, usahakan 1 jam berikutnya baru anda tidur.

7. Saya juga berhenti merokok

Secara psikis yang saya lakukan adalah :

1. Jangan banyak mengomentari sesuatu yang tidak ada manfaatnya

2. Bersikaplah lembut dengan keluarga (baik istri atau anak)

3. Bersikaplan tenggang rasa, karena manusia diciptakan berbeda-beda

4. Kalo anda muslim usahakan sholat Tahajud 5 menit saja/hari, konon air wudhu saat Tahajud sangat diberkahi.

5. Atau kalo anda muslim, sholat Taubatlah, 1xtiap minggu atau 1xtiap bulan atau 1xtiap tahun.

Hal lain yang saya lakukan, mohon maaf kalo seandainya ada yang bekerja di perusahaan minuman, saya tidak berusaha untuk memojokkan perusahaan ini, menghindari minuman yang berkarbonasi dan mengandung pemanis buatan. Sekali lagi saya mohon maaf kalo menyinggung teman milister di perusahaan minuman.
dan alhamdulillah setelah 3 tahun kondisi gula darah PP tidak pernah melebihi 200. Dan akhir tahun 2010 saya cek kadar gula darah puasa adalah 98 dari 100 kadar normal.

salam

Ade Irfan

Minggu, 5 Juni, 2011 01:37


= = = = = = = = = = ==


Sharing:  Gusti

Nice share Pak Ade...

Kalo saya boleh tanya, apakah Pak Ade juga melakukan Self Monitoring Blood Glucose (SMBG) dgn alat meter gula darah secara terstruktur?

Karena berdasarkan hasil penelitian ROSSO, sebuah lembaga penelitian di Jerman dgn sample 1000 org yg dibagi 2 kelompok...
1 kelompok melakukan cek gula darah dgn alat meter gula darah secara terstruktur (SMBG), diet, olahraga, minum obat.

Kelompok satunya lagi hanya diet, olah raga, dan minum obat...

Dari penelitian itu dihasilkan bahwa kelompok yang melakukan SMBG berhasil menurunkan angka kematian dan komplikasi hingga lebih dari 50%... Dan ini bisa di search di website nya International Diabetic Federation (IDF)...

Tapi yang terbaik adalah mencegah masalah gula darah dgn cek gula darah dgn sistem SMBG meskipun blm ada masalah gula darah (Diabetes).
Karena kalo udah bermasalah dgn gula darah (maaf untuk Pak Ade) tidak ada kata "sembuh"... Tetapi meskipun begitu, masalah gula darah masih bisa dikendalikan...

Greatfull Regards,
GUSTI
Product Consultant Diabetic Care
Area West Kalimantan
Ming, 5 Juni, 2011 14:30:00
 
 
= = = = = = = = = = = = = = = =
Sharing:  ADE iRFAN

Sharing:  Ade Irfan
Informasi yang sangat bermanfaat pak Gusti, terus terang saya baru tahu kalo ada cara untuk memonitor Gula Darah dengan sistem SMBG. Biasanya yang saya lakukan pergi ke laboratorium terdekat dan melakukan cek gula darah puasa dan 2 jam PP, dan sore saya ambil hasil kemudian saya melakukan comparison dengan 1 bulan sebelumnya atau pemeriksaan sebelumnya.
Saya sangat mengerti bahwa penyakit diabetes adalah penyakit seumur hidup, artinya akan terus berobat, pun sama dengan ibu saya yang mengalami hal serupa. Yang bisa dilakukan adalah mengendalikan.
sekiranya pak Gusti mempunyai semacam cara atau strategi jitu dan terpercaya dengan tingkat validitas yang cukup komprehensif, saya kira akan sangat bermanfaat dishare di milist ini.
salam

Ade Irfan
 
Minggu, 5 Juni, 2011 04:09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar