Kamis, 23 Juni 2011

TAT TWAM ASI

Oleh:  Rudi Zamroni

Saya sering bepergian ke Bali, Bali ibarat rumah kedua, bahkan untuk keperluan tertentu saya bisa fasih berbahasa Bali
~biar dapat harga murah tentunya~ haha...
Dalam mengunjungi suatu daerah, saya suka memperhatikan dan mempelajari budayanya, banyak budaya dan filosofi menarik ditiap daerah.
Salah satunya adaah Bali, disana banyak membaca tulisan "Tat Twam Asi"...
yang artinya adalah ajaran ikut menjaga dan berempati dalam kehidupan.
Aku adalah Engkau, Engkau adalah Aku...
Jika kamu adalah aku, aku adalah kamu, maka aku akan menyayangimu selayaknya aku menyayangi tubuh dan jiwaku.
Sesakit aku menyakiti diriku, seperti itulah jika aku menyakiti dirimu.
Ajaran Tat Twam Asi berasal dari filosofi Hindu India, yang artinya "Aku adalah Engkau dan Engkau adalah Aku"
Filosofi yang mengajarkan agar kita dapat berempati dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang didekat kita. Ketika kita menyakiti orang lain maka diri kitapun tersakiti. Ketika kita mencela orang lain, maka diri kitapun tercela.
Oleh karena itu bagaimana kita menghayati perasaan oralng lain, bagaimana mereka merespon tindakan kita, aksi reaksi dari suatu tindakan akan kita rasakan jika kita telah dapat berempati dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang disekitar kita.
Sebelum bertindak, posisikan jika tindakan itu ditujukan kepada kita, sebelum berkata, coba fikirkan jika perkataan itu terlontar kepada diri kita...
Apa yang kita bisa terima, belum tentu orang lain dapat menerimanya, apa yang kita suka, belum tentu orang lain menyukainya, berempati dan mencoba memahami adalah kuncinya...
Bukan hendak membicarakan suatu agama yah, namun sebuah filosofi....
Jika tercipta kondisi Aku adalah Engkau, dan Engkau adalah Aku, saya yakin hidup ini akan menjadi sangat indah...
~asal bukan dikondisikan milikku adalah milikmu yah..!, namun lebih ke hatiku adalah hatimu, jiwaku adalah jiwamu...~
Dimana kita bisa berempati terhadap semua orang.
So..Sweet...!


RZ.
Rabu, 15 Juni, 2011 01:54

Tidak ada komentar:

Posting Komentar