Selasa, 01 Mei 2012

Creating Engagement Through Gamification




Dear Rekan2 Managers yang saya cintai,


Kembali lagi bersama saya Thomas Digital Marketer 3.0, kali ini saya ingin sharing mengenai bagaimana menciptakan engagement dengan teknik Gamification, semoga bermanfaat.
Pemasaran dalam dunia marketing berkembang, salah satu teknik yang digunakan untuk membangun engagement dengan konsumen kita yaitu dengan teknik Gamification. Pertanyaannya Mengapa kita perlu melakukan engagement ?  Pada dasarnya pemasaran memiliki beberapa tahapan, pertama adalah tahapan dalam melakukan riset pasar yaitu kita mengenal dulu siapa target market Anda, kemudian tahap selanjutnya adalah melakukan approaching (pendekatan) sampai pada mereka menjadi pembeli kita, tetapi kita tahu bahwa proses pemasaran tidak berhenti sampai disitu saja, perlu ada tahapan untuk membuat mereka terikat dengan kita, dan cara untuk membangun engagement ada 2 hal, yang pertama tidak lain yaitu memberikan servis excellent (pelayanan super) dan yang satu lagi yaitu dengan membangun program loyalitas pelanggan yang kreatif dan menarik. Nah cara membangun program loyalitas pelanggan kita dapat menggunakan teknik Gamification.
Gamification adalah sebuah teknik yang menggunakan elemen-elemen yang ada didalam sebuah game untuk diterapkan dalam bisnis kita. Pada hari ini saya akan mengajarkan 4 teknik Gamification yang dapat kita manfaatkan untuk program loyalitas Anda, antara lain:
  1. Menggunakan Sistem Stempel, misalnya dengan print sebuah kartu dimana ketika mereka datang mereka diberikan stempel sampai 10 stempel maka mereka mendapatkan 1 layanan gratis, sistem ini adalah sistem yang paling sederhana yang sering kita lihat digunakan oleh eskrim shop, stand minuman, salon, spa, tempat refleksi, dan lain-lain. Dan dari sistem ini terbukti handal karena dari tempat-tempat yang menerapkan sistem ini mereka memiliki penjualan yang jauh lebih tinggi dibanding kompetitornya yang tidak menerapkan sistem ini.
  2. Menggunakan Sistem Time Appointment atau yang sering dikenal dengan Happy Hour,  yaitu dengan membuat waktu-waktu tertentu memiliki harga yang murah. Ini adalah teknik yang sering digunakan oleh bioskop, tempat karaoke, spa, refleksi, restaurant dan lain-lain. Jika pada penjualan fashion mereka menamakan Midnight Sale, kenapa harus malah hari karena mereka melakukan riset bahwa target market mereka memiliki waktu yang benar-benar senggang pada malam hari. Pertanyaan mengapa teknik ini sangat Dahsyat ? Kalau kita melihat proses belajar manusia maka kita melihat bahwa cara berpikir manusia adalah mahluk yang suka terhadap jadwal, dari kecil kita di ajarkan bahwa sekolah masuk dari jam sekian sampai jam sekian, kita les pada jam sekian, ketika besar kita memiliki jadwal sendiri kapan kita masuk kerja, kapan kita meeting dengan klien dan lain-lain. Dengan kata lain jika sebuah pemasar memanfaatkan waktu tertentu dengan harga khusus maka ini akan memudahkan otak manusia kapan dia harus membeli produk atau jasa kita.
  3. Menggunakan Sistem Point hal ini yang kita lihat dilakukan oleh Mall-Mall dan banyak Departement Store, dengan cara setiap para pelanggan diberikan sebuah kartu dimana setiap belanja mereka memperoleh tambahan point dikartu mereka. Nah pada dasarnya manusia adalah mahluk yang suka mengumpulkan sesuatu (Collector) dan memiliki keinginan untuk terus bertambah atau berkembang (Achiever), hal ini yang dipakai dalam teknik Point. Point adalah elemen paling dasar yang harus dimiliki oleh sebuah Game sehingga membuat orang ingin memainkannya.
  4. Menggunakan Sistem Undian Berhadiah (Randomize), teknik ini adalah teknik yang sudah ada dari jaman dahulu kala, pada dasarnya manusia suka terhadap peruntungan, sehingga kita bisa melihat bahwa Perjudian merupakan salah satu bisnis terbesar di dunia, kita melihat Las Vegas bisa begitu megahnya itu semua karena sifat dasar manusia yang satu ini. Kita bisa membuat teknik sederhana yaitu setiap pembelian sejumlah sekian mereka mendapatkan satu nomer undian, dimana hal ini akan meningkatkan penjualan yang sangat besar sehingga perbandingan pembelian dan hadiah undian tentunya menjadi sangat besar sehingga kita sebagai pemasar tidak mungkin rugi, ambil contoh 100 ribu pembelian dengan jumlah nomer undian sebesar 100 ribu maka total income kita 10 milyar, maka kita memberikan undian mobil yang senilai 200 juta, maka sudah pasti kita sebagai pemasar akan diuntungkan.
Ini adalah 4 Teknik Gamification yang sangat bermanfaat untuk program penjualan Anda, yang terpenting Anda dapat menggunakan yang sesuai dengan bisnis dan kebiasaan pelanggan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.

Regards,

Thomas Joseph
Rabu, 25 April, 2012 09:45

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar