Sabtu, 21 Mei 2011

Kartu Kredit, Perlukah?

The FINE DAY 11.05.2011
Oleh:  Freddy Pieloor

Dear Rekans, Selamat pagi,

Kita bertemu kembali dalam even The FINE DAY 11 Mei 2011, dan kali ini saya ingin share dengan tema:
"KARTU KREDIT, PERLUKAH???"

Apakah Anda memerlukan Kartu Kredit?
Mengapa?
Apa saja "manfaat" Kartu Kredit tsb.?
Bagaimana penggunaannya?
Bagaimana pengendalian diri agar tidak terjerat dalam hutang dan akhirnya "teraniaya" oleh pihak kreditur?
Bagaimana memilih Kartu Kredit?
Kartu kredit dari bank mana yang terbaik dan bersahabat?
Berapa limit Kartu Kredit yang pantas Anda miliki?
Kartu Kredit jenis apa (Platinum, Gold atau Silver) yang layak Anda miliki?
Berapa jumlah Kartu Kredit yang boleh Anda miliki (dan bukan untuk koleksi)?

Begitu banyak pertanyaan yang harus Anda jawab, sebelum memutuskan untuk "memanfaatkan" secara bijak KK tsb.

Saya percaya Anda juga sudah "mual" menerima sambungan telepon dari berbagai pihak yg menawarkan berbagai jenis kartu kredit, termasuk Platinum?

Saya juga percaya Anda juga sudah "boring" mendapat penawaran "menaikkan limit" Kartu Kredit yang Anda miliki?

Saya saat ini memakai 2 KK jenis Gold, dan sering ditawarkan Platinum yang selalu saya tolak.
Mereka menawarkan limit yang lebih tinggi, saya juga tolak.
Saya memakai Kartu Kredit utk menunda dan memudahkan pembayaran, dan bukan untuk berhutang.
Sehingga setiap tagihan datang awal bulan, saya lunasi semuanya.
Saya selalu mempersiapkan dana di rekening, sebelum saya mempergunakan Kartu Sakti tsb.

Limit Kartu Kredit yang saya minta hanya 2 kali gaji saya, dan itu tidak berubah sejak 5 tahun yang lalu.
Saya tidak pernah membeli produk asuransi yang ditawarkan Kartu Kredit, mengapa?
Banyak alasan atau dasar penolakan saya, yang akan saya bahas di even The Fine Day waktu mendatang.
Saya memakai BCA Card, karena saya dan keluarga suka buku dan ada diskon 10% kala membeli buku di Gramedia.

Saya jarang memanfaatkan KK untuk belanja kala diskon barang konsumtif atau tawaran restoran, kecuali memang saat tsb saya memerlukan dan ada entertain lunch bareng dengan relasi.
Secara umum, saya lebih suka bayar pakai Debit Card, agar memudahkan diri saya dalam mengendalikan pengeluaran.

Saya dan istri memakai kartu kredit sejenis, utama dan tambahan. Kami terbuka satu sama lain atas pengeluaran KK ini, karena pendapatan kami dijadikan 1.
Satu lagi, KK saya manfaatkan untuk fasilitas "1 Bill" atas berbagai tagihan rumah tangga, seperti telepon, pln dan kebutuhan lainnya.

Kartu kredit bukan untuk menumpuk hutang dan bayar minimal, melainkan bayar semua tagihan dan jangan pakai kartu tsb bila Anda tidak punya uang utk membayar lunas.

Jangan mengambil tunai dari kartu kredit, bahaya bunga tinggi, itu pasti.

Kartu Kredit bukanlah untuk menunjukkan status dan "siapa" diri Anda sebenarnya, melainkan investasi dan raport keuangan Anda-lah yang menunjukkan seberapa besar Anda mampu mengendalikan diri.
Intinya KK dimanfaatkan secara optimal, dan jangan sampai terjerat dan berhubungan dengan para debt collector titik.

Bijaklah mengendalikan diri, agar tidak cidera hati dan luka diri.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Salam,

Freddy Pieloor

Selasa, 10 Mei, 2011 18:58

Tidak ada komentar:

Posting Komentar