Oleh:  Andre Vincent Wenas
“We don't have enough people to move fast enough for the opportunities that the 
whole service horizon opens up.” - Jack Welch, 1999.
***
Demi membantu Intel memperluas pasar di luar PC, maka CEO Intel, Paul 
Otellini, akhirnya memutuskan untuk mengakuisisi McAfee (perusaahan perangkat 
lunak anti-virus). Transaksi akusisi  yang bernilai US$ 7,6 Miliar ini diyakini 
oleh Renee James (Kepala Bisnis Perangkat Lunak Intel), “...bakal meningkatkan 
penjualan hingga dobel digit.”
Gerakan Intel dan McAfee ini serentak pula memberi tekanan kepada Symantec 
Corp (pesaing McAfee) untuk segera bereaksi mencari dan mengupayakan formasi 
aliansi-strategis dengan beberapa korporasi lain (seperti misalnya 
Hewlett-Packard, IBM, Oracle) demi mempertahankan daya saingnya di panggung 
dunia bisnis masa depan. Peta bisnis mesti kerap direvisi lantaran 
business-landscape-nya memang bergerak maka berubah terus.
***
Organisasi bisnis yang berkiprah di kancah persaingan global memang semakin 
dituntut untuk punya radar-bisnis yang lebar cakrawalanya dan semakin panjang 
spektrumnya serta semakin tinggi sensitivitasnya. Bagaimana caranya? Belajar 
dari kiat kepemimpinan sang CEO abad-20, Jack Welch, yang selalu berpikir tepat 
(lantaran mampu mengajukan pertanyaan yang tepat untuk dipikirkan), dan mampu 
menekan tombol yang tepat untuk menggerakkan organisasinya yang berskala 
gigantik. Tombol itu adalah: using the brains of all your workers!
Ajukan pertanyaan yang tepat. Karena jenis pertanyaan itulah yang akan 
menentukan penggunaan energi kolektif memang dipakai demi menggerakkan 
organisasi ke arah yang tepat pula. Segenap tenaga organisasional bakal 
dihabiskan untuk meresponi pertanyaan-pertanyaan itu. Robert Slater (The GE Way 
Field Book, McGrawHill, 2000) telah menyarikan pertanyaan yang diajukan Jack 
Welch, dengan lima fokus pertanyaan: 1) What does your global competitive 
environment look like? Give example of what your global competitive environment 
looks like. 2) In the last 3 years what have your competitors done? Name three 
moves that your competitors have made in the last three years. 3) In the same 
period what have you done to them? Name three moves that you have done to your 
competitors during that same period. 4) How might they attack you in the future? 
Give two examples of how your competitors might attack you in the near future. 
5) What are your plan to leapfrog them? Give two examples of how you might put 
your competitors on the defensive in the next two years.
Dengan ketekunan dan hasrat yang kuat untuk terus bertanya dan mencari 
jawab atas lima fokus pertanyaan ini organisasi GE telah membuktikan dirinya – 
di masa kepemimpinan Jack Welch – bertumbuh dari perusahaan berukuran US$ 21 
miliar yang melayani pasar sebesar US$ 110 miliar di tahun 1980 menjadi - 
tatkala memasuki tahun 2000 - perusahaan berukuran US$ 110 miliar yang melayani 
pasar sebesar US$ 1 trilyun. Lalu saat ditanya apakah ia sudah merasa nyaman 
dengan pencapaiannya? Jack Welch menimpalinya, “It's grown so big. The growth is 
limitless.”
Menekan tombol yang tepat.  People are your greatest asset, maksudnya tentu 
orang-orang yang tepat. Karenanya, manfaatkan kecerdasan mereka secara optimal! 
Rahasianya adalah memberikan pada karyawan a sense of empowerment, suatu 
perasaan bahwa mereka adalah “owners of their businesses”, bukan sekedar unsur 
dari biaya (cost) yang tak berwajah. Maka inilah pertanyaan yang terus diajukan 
Jack Welch pada dirinya sendiri, “How can I make my employees feel involved in 
the company?”
***
Panggung bisnis masa depan (bahkan sebagian sudah terjadi sekarang), 
digambarkan oleh Kenichi Ohmae sebagai rimba raya cyber tak bertepi yang hanya 
bisa dideteksi dan dibaca sinyal-sinyalnya serta disiasati melalui “the mind of 
the strategist”. Dalam rumusan Ohmae (The Next Global Stage,  Wharton School 
Publishing, 2005) dikatakan, “Because we are dealing with the invisible 
continent in the borderless cyberjungle, the business domain you carve out is 
person specific. So, instead of the traditional definition of strategy 
development, using Ohmae's three C's, Porter's value chains, or Barney's 
resource-based emphasis, we need to accept that it really depends on how the 
strategist sees it and carves out his business domain as his battle ground.”
Para aktor di panggung dunia bisnis masa depan bermain di dalam suatu 
proses kepemimpinan (leadership process)  yang  terjalin dari peleburan tiga 
elemen, yakni elemen sang pemimpin (the leader), para pengikut (followers) dan 
elemen situasi (konteksnya). Masing-masing elemen punya dinamikanya 
sendiri-sendiri, dan sekaligus serta serentak ketiganya bekelindan satu sama 
lain untuk saling mempengaruhi. Dan, dalam perjalanannya melintasi ruang dan 
waktu, dinamika itu membentuk konturnya yang disebut budaya organisasi, sang 
penentu masa depan perusahaan.
----------------------------------------------------------
(artikel dari Majalah MARKETING edisi September 2010)
Artikel ini dikontribusikan oleh Kontributor di milis The Managers Indonesia, pada tgl:
Rabu, 13 Juli, 2011 03:23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar