Minggu, 29 April 2012

Belajar dari Pendiri e-Bay


Oleh: Andre Vincent Wenas


...tahukah Anda bagaimana seorang yang bernama Pierre Omidyar, pemilik e-Bay, merintis bisnis multi-miliar-dolarnya? Cerita singkat ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Pierre Omidyar yang berdarah Iran lahir di Paris, 12 Juli 1967. Saat dia masih belia, keluarganya migrasi ke Amerika Serikat. Ayahnya bekerja di pusat kesehatan Universitas John Hopkins. Karena Omidyar berakar dalam keluarga pekerja keras, ia cenderung larut dalam pekerjaan detail, rumit, dan menantang. Bahkan sejak SMP ia sudah tergila-gila mengotak-atik komputer. Gelar kesarjanaannya di UniversitasTufts memang di bidang ilmu komputer.

Karier pertamanya dirintis di Claris, anak perusahaan Apple Computer. Di situ, dia menjadi anggota tim pengembang perangkat lunak MacIntosh. Tahun 1991, bersama tiga konconya, Omidyar mendirikan Ink Development Corp, yang menyasar segmen pasar virtual. Tak lama perusahannya berubah nama menjadi eShop Inc. Perusahaan ini kemudian dibeli Microsoft pada tahun 1996. Kendati demikian, Omidyar tetap begumul dengan tantangan teknis bisnis di dunia maya komputer.

Omidyar tinggal di daerah dekat teluk San Fransisco (SF Bay). Di daerah itu pula dia jumpa dengan Pamela Wesley, sarjana biologi yang berkarier sebagai konsultan manajemen. Singkat cerita, Omidyar menikahi Pamela.

Di suatu senja bulan September 1995, saat makan malam, Pamela cerita soal hobi lamanya bersama tetangga dan sahabatnya, yaitu mengoleksi dan berjualan Pez Dispenser. Ini semacam tempat permen, mainan anak. Barang-barang ini telah mereka bungkus selama beberapa tahun dalam berbagai plastik warna-warni. Banyak diantaranya karakter kartun klasik. Pokoknya menarik dan unik. Cuma sayang, Pamela dan kawannya itu tidak punya akses untuk memperdagangkannya di daerah sekitar Teluk San Fransisco.

Rupanya, percakapan di seputar meja makan ini jadi bahan pemikiran sang suami. Omidyar berupaya membantu istrinya berkomunikasi dengan komunitas penggemar Pez Dispenser lewat internet. Awalnya, dia berpikir, "Ah, paling banter fasilitas swap elektronik yang kukembangkan sekadar jadi ajang rumpi para tetangga saja."

Maka, dengan ringan ia menamakan hasil hobi otak-atik komputernya dengan sebutan Electronic Bay Area (daerah teluk elektronik), yang akhirnya kondang dengan panggilan eBay.

Selanjutnya sejarah bisnis modern mencatat pertumbuhan fenomenal bisnis Omidyar yang bermula dari hobi otak-atik komputer dan niat membantu istrinya, hingga akhirnya
jadi bisnis berskala miliaran dolar!

Pengamat bisnis menyebut Omidyar telah menciptakan format ritel masa depan. Jumlah barang yang diperdagangkan lewat infrastruktur eBay saat ini lebih dari
15 juta jenis! Anda bisa intip bisnis Omidyar di: www.eBay.com.

Paling tidak ada lima hal yang bisa kita pelajari dari figur muda yang fenomenal ini.

Pertama, kemampuannya memusatkan perhatian pada suatu hal (fokus), dan tekun mendalaminya (detail).

Kedua, saat mengembangkan usahanya, Omidyar mampu menempatkan dirinya dengan tepat sesuai dengan minat dan kompetensinya. Ia mampu membagi peran dengan pas. Ia tidak memegang jabatan CEO di perusahaannya. Posisi ini dipercayakan pada Meg Whitman, seorang profesional. Omidyar sendiri fokus pada inovasi memperkaya fasilitas eBay dan berkutat mencari ide-ide baru demi melengkapi situsnya.

Ketiga, kecintaan dan semangat (passion) untuk menolong orang banyak mendapatkan pembeli bagi produk yang mau dijualnya. Ini telah mewarnai jiwa melayani yang kuat di dalam perusahaannya, sehingga sulit disaingi kompetitor.

Keempat, ia sangat terbuka pada hal baru dan sikapnya sangat optimistis. Ini membuatnya selalu bisa menemukan cara baru mengembangkan bisnisnya.

Kelima, memulai dari apa adanya. Biarpun cuma jadi ajang rumpi tetangga dan kerabat istrinya, ia terus berimprovisasi dan bekerja efisien. Omidyar terkenal efisien dan cekatan. Konon, ia cuma mengutip uang jasa yang kecil, namun bisnisnya berkembang lewat proses yang benar, momen yang pas karena kesigapan Omidyar tanggap pada setiap peluang yang muncul. Dalam tiga tahun beroperasi, eBay go public.

Anda pun bisa, otak-atik komputer, tekun, terbuka, positif, optimistis, cekatan, dan efisien. Bersiaplah untuk sukses!

-------------------------------------------------------------------------
(Catatan: Artikel ini pernah dikontribusikan oleh Kontributor Blog ini ke Tabloid Bisnis KONTAN edisi khusus Maret 2007. Untuk itu segala hal yang menyangkut sengketa atas Hak atas Kekayaan Intelektual, menjadi tnggung jawab Kontributor)

Senin, 23 April, 2012 02:10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar