Rabu, 25 April 2012

Digital Marketing 3.0 : Era of Innovation


Oleh:  Thomas Joseph

Dear Rekan2 Managers,

Selamat Pagi sahabat-sahabat Manager yang tercinta, kembali lagi saya berbagi sedikit tentang dunia Digital Marketing

Digital Marketing 3.0 : Era of Innovation

Kini Digital Marketing telah memasuki Era baru yaitu era 3.0, kita dapat melihat pada era ini semua brand telah memanfaatkan Social Media untuk media komunikasi 2 arah serta membangun komunitas pelanggan mereka, maka kita sebagai pemilik brand tidak cukup hanya dengan melakukan itu saja, jika ingin bersaing dengan brand lain. Anda harus tampil berbeda dengan menciptakan nilai tambah baru bagi pelanggan Anda. Sehingga pada era ini Anda dapat melakukan 4 hal yaitu:
  1. Menciptakan Alat Bantu yang dapat membimbing konsumen Anda dalam memilih produk sesuai kebutuhan mereka
    Buatlah sebuah Alat bantu bisa dengan applikasi web maupun mobile yang tujuannya adalah membantu calon pembeli dalam menentukan produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya saya ambil contoh 2 buah contoh:
    • Jika Anda produk Bank maka Anda ciptakan alat untuk membantu mereka memilih produk tabungan sesuai kebutuhan mereka. (misalnya tabungan untuk pendidikan anak, tabungan untuk beli rumah, tabungan untuk pensiun dan lain-lain.
    • Jika Anda penjual Properti maka Anda ciptakan alat untuk membantu calon pelanggan Anda dalam memilih property sesuai kebutuhan mereka. (misalnya property untuk investasi, atau untuk kantor, atau untuk tempat tinggal, untuk usaha, dll)
  2. Menciptakan Alat Bantu mencapai keinginan atau target konsumen AndaAnda dapat menciptakan alat untuk membantu konsumen Anda mencapai keinginan mereka, misalnya:
    • Jika Anda produk obat diet, maka Anda dapat menciptakan Applikasi untuk membuat program diet sesuai dengan bentuk tubuh yang ingin dicapai oleh pelanggan Anda, bisa berupa applikasi reminder untuk olah raga, komposisi makanan yang harus dipenuhi oleh mereka, dll.
    • Jika Anda penjual sepatu olah raga, maka Anda dapat menciptakan Applikasi untuk membuat program latihan sesuai dengan target mereka.
  3. Menciptakan Applikasi Loyalty ProgramAnda dapat menciptakan applikasi yang dapat meningkatkan kesetiaan dengan pelanggan Anda dengan mengukur berapat tingkat kesetiaan pelanggan Anda. Dengan alat tersebut maka mereka dapat memperoleh point dari setiap pembelian mereka, dan mereka dapat memanfaatkan point tersebut untuk mendapatkan bonus-bonus yang Anda siapakan bagi mereka, bisa berupa diskon, atau hal lain. Applikasi ini Anda dapat ciptakan melalui mobile apps sehingga mereka dengan mudah dapat update informasi tentang point yang mereka sudah kumpulkan.
  4. Menciptakan Applikasi yang menyenangkanAnda dapat menciptakan applikasi games dimana didalam applikasi games tersebut terdapat unsur-unsur mengenai produk Anda. Dengan demikian Anda dapat memasukan kecintaan terhadap produk Anda dialam bawah sadar pelanggan Anda.
Salam Sukses Digital


Thomas Joseph

Rabu, 18 April, 2012 20:43

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar