Jumat, 21 Oktober 2011

Ada Ular di Perusahaan Mereka

Oleh:  Lorco Safety

Sebuah perusahaan migas menggunakan cara baru dalam kampanye K3 mereka.
Setelah melihat banyak kecelakaan kerja yang dialami oleh para kontraktornya, sebuah perusahaan migas di Afrika Selatan menggunakan cara baru dalam mengkampanyekan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja mereka. Dibawah spanduk bertuliskan "Snakes for Safety", ada ular hidup yang digunakan sebagai symbol dalam kampanye K3 untuk mengurangi angka kecelakaan kerja di perusahaan. Hasilnya cukup dapat menarik perhatian para karyawan di perusahaan tersebut, sehingga mereka jadi lebih memperhatikan keselamatan ketika bekerja.
Ide kampanye K3 dengan menggunakan ular tersebut berasal dari Rick Melvill, seorang creative director dari sebuah perusahaan komunikasi kreatif di Afrika Selatan. Ia berpikir bahwa dari beberapa kasus yang ia temui di perusahaan migas,  kampanye K3 di perusahaan  perusahaan tersebut sangat kurang mendapat perhatian dan tanggapan dari para karyawannya. Dengan memanfaatkan "rasa takut celaka yang mengancam kapan pun", ia menggunakan symbol atau metafora  ular dalam kampanye K3 di perusahaan perusahaan untuk lebih menarik perhatian lalu mengingatkan para karyawan selalu berperilaku selamat dan mewaspadai  potensi bahaya di tempat kerja yang bisa mengancam siapapun . Aplikasinya adalah  dengan membawa ular hidup (beserta pawang yang menanganinya)  dalam seminar interaktif untuk sosialisasi pesan pesan K3 atau sebagai pelengkap kampanye K3 yang sudah ada di perusahaan.
Kampanye K3 dengan menggunakan ular tersebut menyampaikan 3 pesan K3 terkait dengan potensi bahaya yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja. 3 pesan "Snakes for Safety" tersebut adalah:
Beberapa potensi bahaya di tempat kerja seperti Puff Adder (jenis ular berbisa dari Afrika) yang diam diam tidak terlihat sampai suatu saat tanpa disadari kita menginjaknya lalu ular berbisa itu mulai beraksi.
Beberapa potensi bahaya lainnya seperti ular Black Mamba (Jenis ular hitam yang sangat berbisa dan agresif dari Afrika), mereka agresif mengejar Anda (seperti api atau gas methana).
Beberapa potensi bahaya juga seperti ular piton, ketika masih berukuran kecil mereka memang tidak berbahaya, namun ketika tumbuh besar, ular yang tidak berbisa tersebut  perlu diwaspadai (karena berbahaya dan kuatnya lilitan mereka).
Tetap utamakan keselamatan saat bekerja dan semoga kita dapat tetap lebih kreatif dalam kampanye K3 di tempat kerja untuk keselamatan kita sendir dan rekan rekan kerja kita. 

Salam Safety

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)
By Kang Aa Widi Safari

Jum'at, 30 September 2011  13:18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar