Jumat, 21 Oktober 2011

Blogger Nusantara Blogpreneur Nasional

Oleh:  Budi Setiawan

Kopdar 1000 Blogger Nusantara adalah awal kebersamaan blogger, sekaligus langkah maju untuk melahirkan semakin banyak bloggerpreneur di Indonesia. 
Aku dan mungkin kebanyakan orang Indonesia lainnya, awalnya menulis di blog hanya sekedar untuk menyalurkan hobi nulis sekaligus pelampiasan rasa galau yang menyesakkan. *uhuk* Aku sendiri menulis di blog sejak 2007 dengan menggunakan free blog dari WordPress.com. Sempat beralih ke blogspot.com atau blogger.com tapi kembali lagi menggunakan wordpress.com. Wajar karena hanya sekedar penyaluran, maka lebih memilih layanan gratis dari pada menggunakan hosting sendiri yang berbayar.
Selama 4 tahun ngeblog, tulisanku sifatnya lebih seperti onani atau bertendesi memuaskan diri sendiri. Tulisan tentang apa yang terlintas dipikiran, apa yang dirasakan, atau apa yang dialami. Tidak peduli struktur tulisan, pemilihan kata atau bahkan keinginan untuk berinteraksi dengan pembaca. Blogger semacam ini, sebut saja blogger pemula, mungkin kategori terbesar dari blogger di Indonesia.
Selain blogger pemula, ada beberapa kategori blogger yang menghuni dunia blogging Indonesia berdasarkan intensitasnya yaitu blogger bisnis gelap, blogger perusahaan, blogger personal, blogger profesional dan bloggerpreneur.  Blogger bisnis gelap adalah mereka yang ngeblog untuk mencari uang dengan jalan pintas. Cirinya penggunaan SEO tanpa disertai mutu posting yang memadai. Blogger perusahaan adalah mereka yang menghidupkan blog buat perusahaan tempatnya bekerja. Blogger personal adalah mereka yang ngeblog untuk mengekspresikan hobi dan kehidupannya serta menjalin relasi dengan mereka yang mempunyai kesamaan.
Blogger profesional adalah mereka yang menangani blognya berdasarkan pada suatu profesi tertentu. Terakhir, bloggerpreneur adalah blogger yang menjadikan blog sebagai bisnis dengan memberikan manfaat tertentu pada orang banyak. Manfaat tertentu itu diberikan secara gratis atau dengan suatu persyaratan tapi tetap relatif gratis.
Aku yakin bagi banyak blogger pemula, gagasan mendapatkan uang dari blog itu tidak terbayangkan dan mengejutkan. “Loh ngeblog bisa dapat uang?” “Enak sekali ya?!” “Bisa ya? Gimana caranya?” “Berarti blogger itu bisa jadi profesi?” Demikian respon-respon mereka terhadap ide mengenai bloggerprenur. Padahal ide bloggerpreneur semakin matang dengan adanya kehadiran IDblognetwork yang memungkinkan blogger mendapatkan penghasilan dengan cara yang absah.
Mengapa tanggapan terhadap ide bloggerprenur seperti itu? Meski sudah ada banyak komunitas blogger lokal, tapi masih belum ada komunitas pada tingkatan nasional. Akibatnya, jangankan pengenalan tentang blogpreneur, bahkan pengenalan blog sebagai media informasi alternatif kepada masyarakat luas pun terasa kurang menggigit. Blog masih dianggap sebagai media pinggiran yang tidak begitu penting. Meskipun kenyataannya, blog telah berperan sebagai penyeimbang bagi pemberitaan media konvensional yang seringkali timpang.

Senin,3 Oktober 2011  23:38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar