Minggu, 21 Oktober 2012

Belajar ABCDE




Beberapa hari yang lalu saya nonton 1 buah film yang inspirasional. Judulnya, "The Way Back". Tentang perjalanan sekelompok tahanan yang melarikan diri dari penjara di Siberia (Asia Utara) menuju ke India (Asia Selatan) dengan cara berjalan kaki. Mereka bukan kriminal, namun 'korban' perang.


Mereka berlari di tengah badai salju sambil dikejar penjaga penjara dan anjingnya. Terus berlari tanpa membawa bekal sambil menghindari desa-desa penduduk. Bagian paling mengenaskan adalah di saat mereka harus melewati Gurun Gobi tanpa bekal. Mereka dehidrasi berat. Tanpa makanan, tanpa minuman melewati gurun. Karena air terbatas, mereka hanya menghisap kain yang sudah ditetesi air selama beberapa hari.


Mereka lanjut terus melewati pegunungan Himalaya di tengah musim salju. Setelah 50 tahun berpisah dengan istrinya, akhirnya sang jagoan bisa pulang juga ke Polandia.

Saya suka melihat film-film inspirasional seperti ini. Dalam film seperti ini, sering kali mereka berada dalam keadaan hidup dan mati. Sungguh-sungguh menderita. Namun hanya 1 hal yang menopang mereka, yaitu kekuatan tekad.


Tekad yang begitu BESAR!!!! Bila kita membaca biografi orang sukses, juga ada kesamaan. Mereka semua punya tekad luar biasa. Disiplin luar biasa terhadap diri sendiri.

Ada 1 rumus simpel dalam mengatur prioritas, yaitu 'ABCDE'. Setiap hari buatlah perencanaan kerja. Bila kita menghabiskan 10% waktu untuk merencanakan, kita bisa hemat 90% waktu. Berpikirlah di atas kertas. Tulis semua tugas yang akan dilaksanakan besok. Di samping masing-masing tugas beri tanda.


"A" untuk tugas paling besar yang harus dilakukan dan dampaknya paling banyak. Misalnya memberikan laporan yang sudah hampir kena deadline kepada bos. Kalau tugas ini ada beberapa buah, berikan label "A1", "A2", "A3". Kerjakan tugas ini lebih dulu.


"B" untuk tugas besar yang seharusnya dikerjakan. Namun kalau tidak dikerjakan konsekuensinya tidak berat. Mungkin ada yang tersinggung bila anda tidak mengerjakannya. Misalnya, membalas email. Anda tidak boleh mengerjakan tugas "B" kalau tugas "A" terbengkalai.

"C" untuk hal yang menyenangkan kalau dikerjakan. Misalnya makan siang sama teman.


"D" untuk tugas yang bisa didelegasikan ke orang lain. Kita mendelegasikan agar kita mempunyai waktu untuk mengerjakan tugas "A"


"E" untuk tugas yang bisa kita singkirkan dan tidak membawa dampak ke orang lain. Mungkin dulu tugas ini penting, tapi sudah tidak lagi. Mungkin anda kerjakan hanya karena sudah jadi kebiasaan.

Ingat, setiap waktu yang anda habiskan untuk tugas "E", maka waktu untuk tugas "A" akan berkurang. Ketika kita mempunyai tekad kuat untuk menjalankannya, maka kita akan bekerja jauh lebih banyak daripada orang lain. Pada akhirnya, anda akan mencapai mimpi anda.

Bila anda disiplin melaksakannya, maka anda bisa menghemat begitu banyak waktu.

Namun seperti saya sampaikan, seperti di film, untuk mencapai mimpi butuh tekad yang begitu BESAR!!! Anda sekarang sudah tau 1 rahasia besar untuk sukses. Apa tekad anda cukup BESAR untuk membuat daftar ABCDE sekarang? Kalau iya, singkirkan HP and atau mouse anda sekarang. Ambil pena dan kertas, lalu buat daftar tugas ini sekarang juga.

Karena tugas menyenangkan ini termasuk ke dalam kategori "A"!

Salam DAHSYAT!!!

--
Hendrik Ronald - Authorized TDW Trainer
Senin, 23 Juli, 2012 12:54

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar