Jumat, 24 Februari 2012

4 Pilar Kunci Sukses Pemasaran Online

Oleh:  Thomas Joseph

Dear Managers,

Selamat Pagi kawan2 The Managers, kembali lagi dengan saya Thomas, buat teman-teman yang ingin terjun didunia bisnis online saya sekedar ingin sharing artikel yang bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Semoga bermanfaat

4 Pilar Kunci Sukses Pemasaran Online

Sejak tahun 2000 Internet telah menjadi media utama dalam melakukan pemasaran dan promosi, dan trend ini akan terus berlanjut bahkan di tahun 2014 diperkirakan dunia pemasaran online akan didominasi oleh web mobile.
Persaingan pasar di dunia Online kini begitu besar, saya sebagai web konsultan menyimpulkan bahwa sebenarnya ada 4 Pilar Kunci Sukses dalam pemasaran Online, yaitu:
Product
Sehebat apapun Anda sebagai online marketer bila Anda mempunyai produk yang buruk maka Anda tidak akan berhasil malahan akan menjadi boomerang bagi nama baik Anda sendiri. Dari sisi Produk kita harus memperhatikan 4 hal, yaitu:
  1. Quality, kita harus memiliki barang yang berkualitas baik tentunya Anda harus berani memberikan garansi terhadap barang tersebut, bila Anda berani memberikan Garansi maka orang akan lebih percaya untuk membeli produk Anda.
  2. USP(Unique Selling Product), produk yang Anda jual harus memiliki keunikan, kelebihan atau added value dibanding produk yang lain, sehingga Anda dapat memberikan alasan mengapa orang harus membeli produk Anda.
  3. Reasonable Price, Produk yang Anda jual harus mempunya harga yang masuk akal, artinya harga yang Anda jual sesuai dengan nilai yang terkandung dari barang tersebut, tidak melulu harus murah melainkan sesuai, bahkan untuk barang yang memiliki target market kelas atas jika Anda menjual terlalu murah malahan mereka curiga.
  4. Availability of Goods, Anda harus memiliki ketersediaan barang yang memadai sehingga bila ada pemesan mereka tidak harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan produk tersebut, menurut survey umumnya paling lama seseorang sabar menunggu pesanan barang yang dipesan lewat online adalah dalam 1 minggu.
Service
Sebaik apapun barang Anda dan sebaik apapun promosi Anda jika Anda tidak dapat memberikan pelayanan yang baik maka hanya dalam waktu singkat usaha Anda akan mati, 4 hal utama yang harus diperhatikan dalam pelayanan yaitu:
  1. Quick Response, Anda harus melayani calon pelanggan Anda dengan cepat, tentu sangat memakan biaya jika Anda harus melayani calon pembeli Anda satu persatu lewat telepon untuk itu di website Anda diperlukan fasilitas chatting online dan contact form bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut atau berniat mau membeli produk Anda.
  2. Delivery Service, Anda harus menggunakan layanan pengiriman yang terbaik dan terpercaya bagi para pembeli Anda, jangan sampai barang yang Anda kirim rusak apalagi hilang didalam perjalanan. Sekali Anda mengecewakan calon pembeli Anda, maka dengan sangat mudah mereka akan menyebarkannya lewat berbagai media online sehingga membuat nama Anda jatuh.
  3. Payment System, Anda harus memberikan kemudahan bagi calon pembeli Anda dalam melakukan pembayaran, tentunya Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas pembayaran yang ada seperti Pay Pal, dan lain-lain.
  4. After Sales Service, Anda memberikan layanan purna jual yang baik kepada para pelanggan Anda. Tentunya jika produk yang mereka beli rusak, sudah seharusnya Anda mau untuk memperbaiki ataupun mengganti produk tersebut. Sehingga mereka puas terhadap pelayanan Anda, dan bagi mereka yang puas tentunya Anda dapat meminta testimoni agar Anda dapat memasangnya diwebsite Anda, dengan adanya testimony akan meningkatkan kepercayaan bagi calon pembeli Anda.
Promotion Strategy 
Anda harus menggunakan Strategy pemasaran yang tepat dalam memasarkan produk Anda, didalam pemasaran online ada 5 Strategy yang paling baik untuk dilakukan yaitu:
  1. Web 2.0, Sebuah website dapat menjual sesuatu jika memiliki pengunjung yang tinggi kita tahu bahwa sebuah website jika ingin memiliki traffic tinggi harus menggunakan sistem web 2.0 dimana disediakan fasilitas agar para pengunjung dapat melakukan interaksi didalam website kita.
  2. Search Engine Optimization, Jika seseorang ingin mencari atau bahkan membeli sesuatu maka mereka akan mencarinya di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, ataupun MSN, untuk itu kita harus mengoptimalkan website kita agar alamat website kita dapat menempati peringkat yang baik didalam mesin pencarian.
  3. Social Media Optimization, Anda dapat memanfaatkan Social Media yang ada di dunia online seperti: facebook, twitter, youtube untuk membangun sebuah komunitas yang bertemakan produk brand Anda. Dengan demikian akan membuat produk Anda dikenal di masyarakat online.
  4. Affiliate Program, Anda dapat memberikan sebuah hak bagi para pelanggan Anda untuk turut menjual produk kita dan mereka mendapatkan sebuah kode link dimana jika ada pembelian yang terjadi berasal dari link tersebut maka secara otomatis kita akan memberikan komisi kepada mereka tergantung kesepakatan kita dengan mereka.
  5. PPC Campaign, PPC singkatan dari Pay Per Click artinya iklan yang dihitung biayanya perklik. Anda dapat menentukan budget maksimal untuk bulanan PPC Campaign Anda.
Maintaining Relationships 
Anda harus dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda, sehingga mereka akan membeli kembali kepada Anda, Ada 4 cara untuk menjaga hubungan baik dengan mereka:
  1. Member System, Bagi mereka yang telah membeli produk Anda maka Anda dapat memberikan mereka fasilitas sebagai member, Anda dapat memberikan sebuah kartu member sebagai penghargaan bagi mereka dan sebuah Account Member dimana mereka dapat mengakses halaman khusus didalam website Anda. Dimana kita memperlakukan mereka secara special dengan memberikan diskon khusus pada hari-hari special bagi mereka, misalnya: ulang tahun mereka, ulang tahun pernikahan, dan lain-lain.
  2. Email Marketing/ Newsletter, Anda dapat memaintain pelanggan Anda dengan mengirimkan email secara berkala yang isinya mengenai sesuatu hal yang berguna misalnya pengetahuan tentang produk Anda ataupun informasi tips & trik yang berhubungan dengan produk Anda.
  3. Special Promo, Anda harus mengadakan special promo dan sangat baik jika Anda memanfaatkan momen yang sedang berlangsung misalnya: lebaran, natal, tahun baru , hari kasih sayang (valentine), hallowen dan lain-lain.
  4. Reward Point, Anda dapat memberikan point bagi setiap pembelian yang dilakukan pelanggan Anda, dimana jika mereka mendapat point dalam jumlah tertentu mereka dapat tukarkan dengan hadiah.
TJ
Rabu, 15 Februari, 2012 22:44
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar