Kamis, 22 September 2011

5 Perubahan Bukik.com

Oleh:  Budi Setiawan

Apa saja 5 perubahan Bukik.com sehingga bisa lebih bermanfaat dan nyaman buat pembacanya? 
Mengapa Bukik.com mengalami perubahan? Jujur awalnya karena banyak waktu luang dan mulai pasang modem wifi dirumah. Waktu luang membuat saya bisa membaca dan menulis. Ditengah asyiknya menulis, jadi teringat kembali pada majalah dinding SMA dan pers mahasiswa.
Akhirnya terpikir, mengapa tidak menjalani kegiatan majalah dinding? “Bukannya aku enjoy disana?” Lagi pula di era globalisasi 3.0, setiap orang bisa punya majalah dinding. Apa? Ya blog personal kita. Dalam hal ini, Bukik.com. Akhirnya, mulai berniat menggarap lebih serius dengan melakukan beberapa perubahan.
Sekitar 1 bulan yang lalu, Bukik.com meluncurkan survey “Masukan buat Bukik.com” yang berisi beberapa pertanyaan simpel. Terima kasih buat teman-teman pembaca yang telah menjawab pertanyaan dan memberikan komentar.
Semua itu sangat berarti untuk mengembangkan Bukik.com lebih menarik dan berguna buat kita semua.  Setelah satu bulan, sekarang saatnya untuk menyajikan hasil survey tersebut sekaligus perkembangan Bukik.com yang terbaru. Berikut hasil survey tersebut:
Berdasarkan rencana awal dan masukan dari hasil survey tersebut maka ada beberapa perubahan yang telah dan akan dilakukan Bukik.com.
1. Fokus bahasan. 
Bukik.com akan lebih terfokus pada topik-topik : KreativitasPerubahan PositifPersonal Brand dan Social Media. Sementara, topik The Dancing Leader dan beberapa topik yang lain akan dipisah dalam blog yang berbeda. Beberapa posting yang tidak terkait dengan topik baru tetap dipertahankan. (susah ternyata menghapusnya……gak telaten…hehe). Pemilihan fokus ini karena pembaca Bukik.com adalah orang muda yang usianya kisaran 19 hingga 35 tahun, netizen, optimis, berpikir terbuka dan berani beda.

2. Rubrik Baru
Bukik.com menghadirkan rubrik baru yaitu Bukik Bertanya, sebuah wawancara dengan beragam orang yang bisa menginspirasi pembaca. Sejauh ini, rubrik ini mendapat respon positif dari narasumber maupun pembaca karena memang formatnya beda dengan kebanyakan wawancara atau talkshow. Narasumber kebanyakan takjub dengan pertanyaan yang diajukan, “dalem” dan “menggigit”. (emang apaan ya…..)

3. Integrasi dengan Social Media
Bukik.com akhirnya hadir di Fans Page Facebook untuk memiliah urusan profesional dengan urusan personal saya di akun pribadi. Selain itu, tautan posting Bukik.com di tweet secara otomatis setiap dua jam sekali menggunakan tweet random. Integrasi ini untuk memastikan semakin banyak orang yang terinspirasi. Semoga…. (Amiiiiiin……bantu doa ya…..)

4. Aktivasi langganan via email
Langganan via email pada masa sebelumnya sudah ada tapi belum dioptimalkan. Sekarang langganan Bukik.com menjadi prioritas agar pembaca tidak ketinggalam mengikuti posting terbaru

5. Fokus pada pembaca
Sebelumnya, ngeblog di Bukik.com lebih terfokus pada diri saya sendiri, yang penting asyik. Tapi sejak bulan lalu, posting-posting dituliskan sudah terfokus juga pada pembaca, mulai dari gaya bahasa hingga ide posting.

6. Iklan dan Kerjasama
Pembaca Bukik.com berharap ada kuis dengan hadiah. Sebelumnya sudah ada beberapa kuis seperti itu yang hadiahnya berasal dari kantong pribadi. Nah, sudah nulis dan beli sendiri hadiahnya kan tidak elok dipandang (alias jadi bokek hehe). Oleh karena itu, Bukik.com menawarkan Iklan dan Kerja Sama dengan ketentuan yang fair baik bagi mitra maupun pembaca. Tentu ini butuh dukungan dari pembaca untuk berlangganan dan menyebarluaskan posting di Bukik.com. Semakin banyak pembaca maka semakin terbuka lebar adanya kuis berhadiah dari sponsor.
Bagaimana dampak dari perubahan Bukik.com? Ternyata meski belum semua program diatas berjalan, tapi dampaknya sudah mulai terlihat dan terukur. Apa saja?
 
1. Jumlah komentar
Saya tidak menghitung peningkatan jumlah komentar tapi secara umum terlihat ada peningkatan komentar untuk setiap posting.

2. Jumlah pelanggan
Jumlah pelanggan melalui WordPress.com meningkat 213% dari sebelumnya 23 pelanggan menjadi 49 pelanggan. Pelanggan melalui Google Feedburner meningkat 875% dari sebelumnya 12 pelanggan menjadi 105 pelanggan. Angka yang sangat kecil tapi menjanjikan prospek positif di kemudian hari.
3. Jumlah pengunjung
Jumlah pengunjung pada tahun sebelumnya relatif labil dan rata-rata per hari dibawah 200 orang. Tapi beberapa perubahan telah menaikkan jumlah pengunjung. Pada bulan Agustus 2010, jumlah pengunjungnya adalah 15.943 orang atau 514 orang/hari. Relatif melonjak meski pada hari sebelum dan saat lebaran mengalami penurunan yang cukup besar.
Demikian perubahan-perubahan yang terjadi pada Bukik.com. Semoga perubahan tersebut berdampak positif bagi kita semua. Terima kasih telah menyimak. Ayo bersama meretas ide beda

Senin, 5 September, 2011 02:30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar