Minggu, 11 September 2011

Change in Marketing

Oleh:  Thomas Joseph
Manusia adalah mahluk yang sangat dinamis, dia selalu berubah, selalu berkembang.  Perubahan lingkungan, dan Kemajuan Teknologi membawa perubahan cara berpikir sehingga terjadi perubahan perilaku umat manusia. Sadarkah kita bahwa setiap jaman memiliki pola berpikir yang berbeda ?
Perubahan pola berpikir tentu akan menyebabkan perubahan pada dunia Marketing. Dahulu orang selalu mengandalkan logikanya dalam berpikir, begitu pula dalam mengambil keputusan pada pembeliannya mereka selalu mempertimbangkan dari sisi produk, harga serta lokasi.
Sampai kemudian pada suatu jaman teknologi produksi berkembang muncul banyak sekali perusahaan yang menciptakan produk yang sama, sehingga terjadi perperangan harga antar produsen. Demikian dengan perkembangan dunia internet sehingga memudahkan orang dalam membeli barang tanpa harus berkunjung ke lokasi. Hal ini menjadikan orang tidak lagi melihat dari sisi produk, harga dan lokasi, orang mulai mengandalkan hatinya dengan lebih memprioritaskan pelayanan dan nilai tambah yang diberikan kepada dia.
Tetapi jaman terus berkembang, setiap perusahaan mulai menyadari pentingnya pelayanan, merekapun berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik serta penawaran nilai tambah. Perubahan lingkungan, iklim yang mengakibatkan Global Warning menciptakan kesadaran umat manusia terhadap lingkungannya.
Perubahanpun terjadi di dunia Internet, dari jaman dulu yang orang haus informasi karena perlombaan situs-situs memberikan dalam memberikan informasi, maka menyebabkan orang kini jenuh terhadap terlalu banyaknya informasi yang satu arah. Dan dengan hadir Social Media seperti Facebook dan Twitter menciptakan demokrasi bahwa kini komunikasi harus dua arah, yang akhirnya muncul dengan istilah web 2.0.
Kini berbagai jenis Social Media pun bermunculan, mulai dari jaman Friendster, myspace, digg, youtube, facebook, twitter, linkedin, stumbleupon, del.icio.us, wayn, dan ratusan ribu social media,  sehingga lama kelamaan dipastikan akan membuat orang menjadi jenuh pula.
Jika Anda bertanya pada diri Apakah kini Social Media sudah membuat Anda jenuh ? Apa yang menjadi Era selanjutnya setelah Era Social Media ?
Anda penasaran apa jawaban atas pertanyaan diatas ?
Mohon kesabaran Anda dan Ikuti selalu Artikel saya selanjutnya……

Salam,
Thomas FM
Rabu, 24 Agustus, 2011 23:58

Tidak ada komentar:

Posting Komentar