Jumat, 16 September 2011

Digital Marketing 3.0 Seri 3

Oleh:  Thomas Joseph

Menciptakan Pemasaran Tanpa Penolakan Dengan Digital Marketing 3.0

Sebagai seorang tenaga pemasar tentu Anda telah bosan mendapatkan
penolakan, kesalahan bukan terjadi pada orang yang Anda tawari tetapi
seringkali kita melakukan cara-cara pemasaran yang mengakibatkan
penolakan tersebut.

Digital Marketing 3.0 memiliki sebuah Rumus jitu yaitu:

[483]
<http://www.futuremediatrix.com/blog/wp-content/uploads/2011/08/CARA_DIG\
ITAL_MARKETING3.0.jpg
>

Marketing Research

Riset Marketing merupakan langkah awal, karena sebelum melakukan usaha
marketing yang effektif Anda perlu mengenal customer Anda dengan baik,
kenalilah siapa buyers Anda (pengambil keputusan dalam membeli produk
Anda), kenalilah siapa users Anda (pengguna produk Anda) dan siapakah
Influencer Anda (orang yang mempengaruhi pengambil keputusan membeli
produk Anda), Selain itu kenalilah juga para competitor Anda, Apa
kelebihan produk Anda dibanding competitor Anda begitu juga sebaliknya
apa kelebihan produk competitor Anda dibanding produk Anda, Manakah
target market para kompetior Anda buatlah peta persaingan, dan coba
lihat pada bagian mana pasar yang masih terdapat ruang.

Create Benefits

Menciptakan sebuah Manfaat tentu bukan sekedar menebak-nebak apa manfaat
yang cocok bagai customer Anda, tapi tentu dengan terlebih dahulu
melakukan Marketing Research Anda tahu manfaat Apa yang sesuai bagi
mereka. Karena setelah mengenal siapakah customer Anda, Anda tentu tahu
cara berpikir mereka, perilaku (behavior) mereka, serta apa yang paling
mereka butuhkan saat ini. Buatlah sebuah manfaat yang memang benar-benar
mereka butuhkan.
Saya ambil contoh: Anda seorang agent Property, ternyata setelah Anda
mengetahui para customer Anda ternyata paling membutuhkan panduan untuk
memilih property yang baik sesuai kebutuhan mereka, karena selama ini
mereka selalu salah dalam memilih property, ketika mereka ingin membeli
property untuk investasi malah mereka memilih property didalam kota yang
kemungkinan peningkatannya rendah, disaat mereka memilih property untuk
kantor mereka malah mereka memilih yang jauh dari potential customer
mereka. Kesalahan ini disebabkan pengetahuan mereka akan property yang
lemah, bayangkan betapa mereka sangat terbantu mereka jika Anda dapat
membuat sebuah buku panduan untuk mereka, ingat dengan kebaikan itu
tetap keuntungan di tangan Anda karena Anda menjadi orang pertama yang
akan dihubungi saat mereka ingin membeli property.

Combine with Social Aspect

Ingat pada artikel DM 3.0 saya yang pertama bahwa dengan perubahan
Lingkungan dan Global Warning kini perilaku konsumen telah berubah
menjadi lebih peka terhadap masalah lingkungan dan social. Dengan
marketing riset tentu Anda dapat memahami cara berpikir target customer
Anda, dengan demikian Anda tentu tahu dalam hal apa mereka paling
peduli.
Kita gunakan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan social untuk
menjadi kekuatan pemasaran kita. Misal seperti kampanye Adidas mereka
melakukan kampanye untuk memberikan sepatu kepada masyarakat miskin di
dunia ketiga, dengan mengajak semua orang menyumbangkan sepatu bekas
layak pakai merek apa saja dan sebagai imbalannya setiap orang yang
menyumbangkan sepatu bekas mereka mendapat diskon Rp. 200.000,-
Bayangkan betapa kampanye ini dapat menyentuh perasaan orang untuk bisa
berbagi plus mereka mendapatkan diskon untuk membeli sepatu Adidas
sebesar Rp. 200.000,- bisa dipastikan selama berlaku kampanye ini
meningkatkan penjualan sepatu Adidas besar-besaran.
Sebagai contoh lagi bila Anda sebuah Bank dibandingkan Anda melakukan
pemasaran yang sangat tidak effektif di Mall-Mall ataupun dengan telpon
yang mengganggu, Anda dapat gunakan strategi kampanye untuk mengajak
orang menjadi Nasabah dengan cara setiap Anda apply tabungan ditempat
kami atau menabung kelipatan 5 juta maka Anda turut menyumbangkan Rp.
5.000,- ke anak yatim dan para gelandangan. Kemudian Andapun juga dapat
merekam hasilnya. Masih banyak ide-ide lain yang dapat diterapkan untuk
menyentuh perasaan para calon customer Anda dengan lebih baik.

Use The Right Tools

Gunakan alat promosi sesuai dengan bagaimana kebiasaan para calon
customer Anda dalam mendapatkan informasi, jika mereka adalah aktif
internet user Anda dapat menggunakan website, bila mereka pengguna
social media aktif seperti facebookers maka Anda dapat menggunakan
facebook , bila mereka adalah mengguna aktif device seperti Ipad atau
Android tentu Anda dapat membuat tools menggunakan Ipad Apps atau
Andoroid Apps tentunya sesuai dengan device mana yang paling banyak
digunakan target customer Anda, jika mereka pengguna keduanya tentu Anda
juga perlu membuat kedua Applikasi Mobile tersebut. Untuk Strategi
bagaimana menggunakan The Right Tools ini Anda dapat membaca artikel
saya Digital Marketing 360, disana Anda akan mendapat bimbingan
bagaimana memilih alat pemasaran yang tepat dan bagaimana
mengoptimalkannya agat target pemasaran Anda dapat tercapai.

Minggu, 28 Agustus, 2011 10:55

Tidak ada komentar:

Posting Komentar