Jumat, 16 September 2011

Digital Marketing 3.0 Seri 1

Oleh:  Thomas Joseph

Menjawab pertanyaan pada artikel sebelumnya Change in Marketing,
mengenai Era setelah Social Media adalah Era Mobile Apps. Mengapa Era
Mobile Apps karena hanya Mobile Apps kita dapat sebuah alat marketing
yang tanpa penolakan. Apa yang dimaksud tanpa penolakan ? Karena kita
dapat menjalankan sebuah Strategi Pemasaran Penuh Makna yang jitu.
Selain itu Device Mobile merupakan alat yang pasti dibawa oleh semua
orang saat ini, dan berdasarkan data jumlah pengakses Internet jauh
lebih tinggi lewat mobile dibandingkan lewat Desktop PC (Personal
Computer) dan Laptop.

Ada pepatah didalam dunia Marketing "Cara Menjual yang baik adalah
dengan tidak Menjual", artinya seseorang akan memasang jarak atau
membangun tembok pertahanan bila dia tahu maksud kita ingin menjual
sesuatu. Pemasaran Penuh Makna merupakan salah satu solusi menjual tanpa
menjual, melakukan promosi tanpa terlihat promosi. Pemasaran Penuh Makna
teknik pemasaran dengan memberikan sebuah manfaat kepada target market.
Misalnya sebuah produk Ban mobil yang memberikan peta perjalanan, sebuah
produk tissue membangun Toilet Umum dimana-mana.

Pemasaran seperti tidak akan terjadi penolakan karena Nampak seperti
tidak melakukan promosi padahal dengan sebuah peta petunjuk yang baik
akan meningkatkan perjalanan yang otomatis akan meningkatkan penjualan
ban, dan tanpa disadari pengguna peta akan ingat merek Ban sponsor peta
tersebut, demikian dengan sebuah tissue ketika orang menggunakan toilet
tersebut maka yang diingat adalah tissue dari sponsor toilet tersebut.

Dengan Apps kita dapat melakukan jauh lebih baik, jika Anda sebuah Bank
bayangkan Anda dapat membuat sebuah Mobile Apps untuk membantu orang
merencanakan tabungannya, dan di Apps tersebut dia dapat memilih
berdasarkan kebutuhannya, apakah ingin menabung untuk modal usaha,
menabung untuk sekolah anak atau untuk membeli rumah. Di Apps tersebut
terdapat program untuk mengkalkulasi berapa jumlah uang yang harus dia
sisihkan tiap bulannya. Tentu semua orang akan tertarik untuk
mendownload Mobile Apps tersebut, tidak terkecuali orang yang belum
menjadi nasabah Bank bersangkutan. Dengan Mobile Apps tersebut di
download maka menciptakan daya tarik di alam bawah sadar pengguna Mobile
Apps tersebut untuk menjadi Nasabah Bank tersebut. Bayangkan betapa
indahnya sebuah promosi tanpa penolakan seperti itu, jauh berbeda dari
pemasaran yang penuh penolakan seperti yang terjadi sekarang, begitu
banyak Bank mencari Nasabah dengan cara menelpon dan membuang banyak
biaya promosi tanpa hasil.

Pemasaran Digital Marketing 3.0 merupakan jenis pemasaran penuh Makna,
jenis pemasaran dengan memberikan manfaat menjadikan sebuah teknik
pemasaran yang indah, tanpa pemaksaan dan tanpa penolakan.

Masih banyak teknik-teknik jitu pemasaran Digital Marketing 3.0, saya
akan mengeluarkan buku tentang itu, tunggu tanggal mainnya. Dan pastikan
Anda mendapatkannya.

Jumat, 26 Agustus, 2011 10:11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar