Minggu, 11 September 2011

Digital Marketing 360 (Seri 3)

Oleh: Thomas Joseph

Melanjuti Artikel saya sebelumnya Digital Marketing 360 seri 2, pada seri ini kita akan membahas tentang kampanye Social Media.

Social Media merupakan alat digital marketing yang sangat effektif dan terukur. Social Media digunakan untuk membangun komunitas para pengguna produk atau service kita, yang bertujuan untuk membangun hubungan serta menjaga loyalitas para konsumen kita, yang menjadi kelebihan dengan Social Media kita dapat membangun komunikasi 2 arah, jadi kita dapat mendengar apa yang menjadi pikiran dan aspirasi dari konsumen kita.

Dalam Social Media Sendiri terdapat 3 macam jenis aktifitas yang dapat kita lakukan, yaitu :

Social Media Maintenance: yaitu kegiatan merawat komunitas yang kita dengan melakukan posting rutin didalam social media kita misalnya facebook atau twitter dimana kita juga melakukan interaksi dengan membalas comment dari para anggota ataupun fans kita. Dalam hal ini kita perlu membuat sebuah team kecil yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan posting rutin, membalas comment serta menghapus comment yang kurang baik.
Social Media Endorsement : yang dimaksud Social Media Endorsement kita mencari orang untuk mengendors social media yang kita miliki dengan memakai orang-orang yang menjadi public figure di dunia social media dimana orang-orang ini umumnya memiliki fans yang sangat banyak. Dalam memilih Endorser kita juga harus menentukan apakah Endorser yang bidangnya sesuai dengan produk kita. Misalnya kita memiliki produk tentang keuangan (Finance) maka carilah Endorser yang dibidang Keuangan (Finance) juga. Social Media Endorsement ini sangat terukur karena dengan cara ini kita dapat melakukan apa yang disebut Network Acquisition yaitu dengan mengajak para fans dari Endorser kita untuk bergabung kedalam Social Media Group yang kita miliki.
Social Media Activation: yang dimaksud Social Media Activation yaitu kita membuat sebuah aktifitas/ event yang unik dan terus dipantau informasinya lewat Social Media Channel yang kita miliki dimana bertujuan untuk menarik perhatian para target audience kita untuk mau bergabung serta mengikuti social media group kita. Social Media Activation ini adalah salah satu kunci keberhasilan dari pemasaran Digital Marketing 360 Anda karena dengan membuat sebuah aktifitas / event yang unik dapat menciptakan WOM (Word Of Mouth) dengan kita menciptakan WOM maka akan meningkatkan Awareness terhadap produk kita secara significant. Social Media Activation merupakan hal yang wajib Anda lakukan bila memang Anda membutuhkan produk Anda dikenal secara meluas dan cepat.

Dalam melakukan kampanye Social Media agar kita mengetahui apakah kampanye berhasil atau tidak maka kita harus memantau aktifitas dan interaksinya dengan berbagai tools yang ada misalnya kalau Anda menggunakan Facebook ada tools yang disebut Facebook Analytics dengan tools ini Anda bisa mengetahui tingkat interaksi yang dilakukan dan demografi fans group Anda.

Kampanye Social Media ini juga wajib diintegrasikan lewat website yang Anda punya sehingga terjadi kampanye Digital Marketing yang memiliki kesatuan. Ingat kampanye apapun yang ada di Social Media Anda wajib ada di website Anda. Anda pun juga dapat menggunakan beberapa widget sehingga apa yang ada di Social Media bisa langsung muncul di website Anda ataupun sebaliknya apa yang diberitakan di website Anda bisa langsung muncul di Social Media Anda, dengan demikian maka akan membuat kerja tim Anda lebih effektif.

Social Media merupakan tahap keempat DM 360 dimana telah saya jelaskan 3 tahap sebelumnya lewat Artikel-artikel sebelumnya (Target Audience Mapping, Website, Content Optimization)

Sabtu, 20 Agustus, 2011 21:50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar