Rabu, 28 Desember 2011

Tetap Aktif Walau Kerja Di Balik Meja

Oleh:  Lorco  Safety


Kenapa kita sebaiknya tetap harus aktif melakukan aktivitas fisik tambahan ketika bekerja dibalik meja ?.
Para ahli kesehatan dari Pennsylvania Medical Society (PAMED), USA, menyatakan bahwa kurangnya aktivitas fisik ketika hanya melakukan kerja di balik meja dalam  waktu lama, berpotensi dalam salah satu sebab timbulnya stress kerja dan berpengaruh pada kesehatan sehingga memulai kebiasaan baru yang sehat dalam aktivitas fisik dan konsumsi makanan di tengah rutinitas kantor akan membawa hasil yang signifikan untuk kesehatan fisik dan mental.
Ralph Schmeltz, M.D., Presiden PAMED mengatakan bahwa duduk di kursi kerja terlalu lama tanpa ada aktivitas fisik tambahan, seperti peregangan, sangat tidak baik untuk kelenturan otot, kekuatan otot, dan kesehatan paru paru paru serta jantung.
PAMED memberikan beberapa aktivitas fisik tambahan untuk kebugaran dan kesehatan tubuh di kantor, terutama bagi kita yang aktivitas kerjanya kebanyakan dilakukan di balik meja :
·         Melangkahlah sebanyak yang kita bisa di tengah aktivitas kerja. Parkirkan kendaraan agak sedikit jauh dari kantor, gunakan tangga kalau memungkinkan, sedikit berjalan di sekitar ruang kantor, dan jalan jalan saat waktu makan siang. Semua aktivitas tersebut adalah untuk mengkondisikan kita agar tetap bergerak dengan berjalan kaki.
·         Lakukan sedikit peregangan di tengah aktivitas kerja pada bagian bahu, punggung, lengan, pinggul, dan kaki. Link video peregangan di tengah aktivitas kerja dapat dilihat pada akhir artikel ini.
·         Lakukan olahraga ringan di kantor dengan mengangkat dan menurunkan ibu jari kaki, menggunakan tangga kantor, push up ringan dengan menekan ke tembok, dsb.
·         Latihlah keseimbangan dengan sesaat mengganti kursi kerja dengan bola besar yang biasa digunakan di pusat kebugaran
·         Biasakan menjaga kebersihan diri untuk mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dsb., dengan selalu mencuci tangan secara berkala dan menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin.
·         Konsumsi makanan dan minuman sehat saat nyemil atau makan siang. Disarankan minum 8 gelas air putih sehari, makan siang dengan menu sehat & gizi seimbang, dan mengganti cemilan yang biasanya berbahan pengawet dan pemanis buatan dengan buah buahan segar atau sayuran.

Semoga para rekan Pro Safety dapat terinspirasi.
Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah


Sumber: Lorco.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber
(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)
By Kang Aa Widi Safari
Silahkan lihat berbagai video peregangan di tengah aktivitas kerja di:
 http://www.mayoclinic.com/health/office-stretches/MY00921
Rabu, 30 November, 2011 01:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar