Rabu, 07 Desember 2011

Sang Juara Safety 4: Setiap Karyawan adalah Safety Officer

 Oleh:  Lorco Safety

Perusahaan ini memiliki moto "Setiap Karyawan Adalah Safety Officer/ Safety Professional".
Artikel ini adalah lanjutan dari seri artikel yang membahasa salah satu "Juara Safety" dari  12 Perusahaan (yang kali ini untuk periode tahun 2011) dengan kategori America's Safest Companies in 2011 versi EHS Magazine.
Buffalo Gap Instrumentation and Electrical Co. Inc.'s (BGI&E) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang listrik dan instrumentasi (sistem distribusi listrik, proyek otomatisasi, konsultasi bidang listrik dan instrumentasi, pembangunan instalasi listrik di proyek EPC, dll). Perusahaan yang memiliki 350 orang karyawan ini  membuktikan prestasinya dalam bidang safety dengan 6 tahun tanpa lost-time injury dan telah bekerja lebih dari 4.25 juta jam tanpa lost-time incident . Hingga akhirnya menjadi salah satu perusahaan yang menyandang prestasi America's Safest Companies in 2011 versi EHS Magazine.
Berikut ini adalah poin poin mengenai kondisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di BGI&E :
·         "Setiap karyawan diberi tanggungjawab pada setiap project untuk berperilaku dan mengingatkan setiap orang agar selalu mengutamakan safety. Moto kami adalah "Setiap Karyawan Adalah Safety Officer/ Safety Professional". Safety bukan hanya hasil usaha individu, namun sebuah hasil usaha tim dan kita merayakan setiap keberhasilan pun sebagai suatu tim". (Troy A. Bonar, Safety Manager)
·         Setiap karyawan dibolehkan untuk melaporkan atau memberikan saran langsung kepada koordinator safety kapanpun mereka bisa. Para karyawan disemangati untuk bertanggungjawab terhadap keselamatan mereka sendiri.
·         Jajaran Manajemen sangat berkomitmen mendukung budaya safety di BGI&E. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai pikiran dan tindakan yaitu :
ü  Memandang bahwa safety bukanlah biaya namun adalah sebuah investasi jangka panjang untuk masa depan karyawan
ü  Aktif mengikuti training rutin/ tahunan
ü   Aktif mengikuti safety audit
ü  Langsung menghadapi klien yang tidak memperhatikan keselamatan kerja
ü  Mendukung penuh setiap program K3 dan program kerja lainnya.
·         BGI&E memiliki Field/Floor Assistant Safety Team (F.A.S.T.) safety mentoring program yang menjadi sarana menyampaikan instruksi K3 pada setiap karyawan di luar kelas training. Pada program ini setiap paryawan dibimbing oleh seorang supervisor atau safety officer dan bersama sama menjalani proses inspeksi, behavior-based observations, job safety analyses atau tugas tugas yang berhubungan dengan K3 lainnya. F.A.S.T. sangat berdampak pada kepercayaan diri, menciptakan pribadi yang saling mempercayai satu sama lain, memperbaiki komunikasi individu, dan menguatkan keakraban hubungan antara karyawan dan supervisor.
·         BGI&E menggunakan Neuro Linguistic Programming  (NLP - salah satu pengertian dalam Wikipedia - adalah model komunikasi interpersonal dan merupakan pendekatan alternatif terhadap psikoterapi yang didasarkan kepada pembelajaran subyektif mengenai bahasa, komunikasi, dan perubahan personal) sebagai teknik komunikasi karyawan dan pada setiap training safety agar karyawan, manajemen, dan klien memfokuskan pikiran mereka agar selalu mengutamakan K3.
·         " Para Karyawan adalah benar benar menjadi  Sumber Daya ketika kita memberdayakan mereka. Para karyawan yang diberikan training, pemberdayaan, dan latihan kepemimpinan akan terbiasa mengambil tanggungjawab dalam setiap pekerjaan dan selalu meningkatkan kesempurnaan diri dan hasil pekerjaannya" (Troy A. Bonar, Safety Manager)

Semoga para rekan Pro Safety dapat terinspirasi.
Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: lorco.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber


(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)
By Kang Aa Widi Safari


Selasa, 15 November, 2011 20:18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar