Senin, 09 Januari 2012

7 Kisah dibalik Halaman FB dengan Jutaan Fans

Oleh:  Kang Aa Widi

Adanya halaman Facebook dengan jutaan Fans itu nyata lho.  Bahkan merk merk ternama pun menggunakan Fans Page untuk menjalin ikatan dengan para konsumennya.
Seperti  janji saya sob, pada artikel sebelumnya, bahwa secara khusus akan ditulis tentang Trilogi artikel seputar  fans page. Nah ini adalah bagian pertamanya. Semoga kita bisa dapat inspirasi ya dari halaman halaman FB dengan jutaan fans dibawah ini. Mohon maaf, link tiap tiap halaman FB yang dibahas pada artikel ini (yang dapat di klik langsung pada sub judul)  dan link  tentang halaman FB paling top di Indonesia hanya saya tampilkan di blog widisafari.com karena khawatir jadi seperti iklan kalau ditampilkan link hidupnya jika tulisan ini tampil di milis atau forum.
Berikut ini adalah 7 kisah singkat dibalik Halaman Facebook dari dalm dan luar negeri  dengan jutaan fans nya:
  1. 7 Juta Fans dalam 7 Jam
Hampir 7 juta pengguna facebook mengklik like pada halaman pribadi pemain bola asal Agentina, Leo Messi.  Fenomena itu terjadi hanya dalam waktu 7 jam setelah Messi membuat Fans Page dengan namanya.
  1. Fans Page Buatan Penggemar
C**a C**a memiliki halaman yang tampak resmi dibuat oleh perusahaan  pembuat minuman bersoda tersebut.  Namun teryata itu bukan halaman resmi yang sengaja dibuat oleh perusahaan. Fans Page yang kini memiliki jutaan fans itu awalnya dibuat oleh dua orang penggemar  C**a C**a, Dusty dan Michael.  Kedua orang tersebut kaget  setelah C**a C**a menghubungi  mereka dan mengabari kalau  Fans Page yang dibuatnya  sudah memiiki jutaan "Likes". Kini, Fans Page tersebut dikelola oleh C**a C**a namun masih tetap melibatkan kedua orang tersebut  untuk mengelolanya bersam sama sebagai media penjalin ikatan dengan para konsumen.
  1. Big Mac, Big Friends
Restoran cepat saji  yang terkenal dengan produk Big Mac (Hamburger) ini juga memiliki Fans Page dengan jutaan penggemar. Uniknya, selain sering update voucher atau penawaran lainnya, halaman ini juga memberi kesempatan kepada para fans untuk mengelola restaurant Mc*. Tapi Cuma  melalui  fasilitas social game "City Ville" yang bisa dimainka dan kalau sukses Mc* memberikan bonus lho buat fans yang bermain.
  1. Klik Like Baru Tonton Aksi Seru
R** B*ll adalah perusahaan pembuat minuman bernergi  yang punya cara unik untuk "memaksa" calon fans untuk meng klik tombol like di halaman FBnya yang kini sudah memiliki jutaan Fans.  Dengan menjanjikan dapat menonton berbagai video sport ekstrim dari berbagai Negara,  R** B*ll hanya minta kesetiaan anda jempol digital di tombol "like", baru bisa tonton aksi seru nya.
  1. Halaman Syuper
Siapa yang tidak kenal dengan Pak MT yang sering menyapa para pemirsanya dengan sebutan sahabat syuper. Motivator yang sering tampil di televisi ini memiliki jutaan fans di halaman FB nya. Bahkan setiap fanspage diupdate dengan status syupernya, rata rata dibagikan lagi oleh 500 an fans  kepada friends mereka masing masing.
  1. Fans Page Batik
Halaman FB B**k Indonesia adalah halaman FB dengan jutaan fans yang memanfaatkan kampanye cinta produk Indonesia untuk menarik para Fans nya. Berbagai corak batik khas tanah air di tampilkan dalam update statusnya.  Pada hakikatnya halaman ini berujung pada sebuah situs toko online yang menjual berbagai pakian bercorak batik.
  1. Wafer Coklat Pemanis Sang Bintang
Cho******s adalah wafer colat manis yang iklannya sering muncul di televisi dengan bintang iklan NW.  Rupanya halaman FB dengan jutaan fans yang sering mengupdate status tentang masalah remaja, cinta, dan persahabatan ini berefek juga pada sang bintang iklan. Fans Page NW masuk dalam daftar Fans Page Indonesia yang memiliki Fans berjumlah jutaan.
Sebetulnya masih banyak Fans Page yang kita bisa jadikan model. Tapi intinya mah ada 3 landasan utama Fans Page sebelum nanti pada artikel selanjutnya kita membahas tentang cara membuat Fans Page untuk Produk, Jasa,  atau Pribadi kita. 3 landasan utama Fans Page adalah:
  1. Terkenal
Pada contoh Fans Page diatas, tiap produk atau tokoh pemilik Fans Page, sebelum mereka membuat Fans Page memang sudah berjuang untuk terkenal. Ingat kata "berjuang" nya ya bukan tiba tiba terkenal. Nah kita pun bisa mengikuti jejaknya secara online atau offline. Secara Offline mungkin kalau ada kesempatan publikasi di media massa boleh diambil juga tuh. Nah kalo secara online selain dengan memiliki blog pribadi, toko online, dll, salah satunya di FB adalah dengan cari teman sebanyak banyaknya, jalin hubungan baik, dan sering berinteraksi melalui komentar di status FB mereka.  Ngomong ngomong, kita memang harus punya blog pribadi/ toko online (bisa gratisan juga lho bikinnya) sebelum bikin Fans Page. Karena Fans Page seperti aliran sungai  yang nantinya bermuara pada rumah kita yaitu blog atau toko online. Sekalian jaga jaga kalau kalau sosial media yang kita tumpangi tersebut tiba tiba ditutup, kan masih ada rumah kita.. . naudzubillahi min dzaalik dah... he he he.
  1. Terarah
Pada Fans Page dengan jutaan Fans diatas, target pasar mereka cukup jelas. Entah itu remaja, peminat sepakbola,  pecinta produk tanah air, dll. Perjelas target pasar/ niche (ceruk pasar) Anda atau Produk Anda!.
  1. Terhubung
Berinteraksilah atau rangsang timbulnya komentar serta partisipasi dari para fans. Berikan suatu content atau apapun yang dirasa bermanfaat dan bermakna hingga dengan suksrela mereka membagikannnya di dinding masing masing dan menciptakan fenomena viral marketing (ngomong satu tumbuh seribu).

Sudah dulu yah, hatur thank you sudah membaca. Komentar Anda di Blog ini akan sangat bermanfaat laksana lebah emas yang mengeluarkan madu terbaik..( he he itu mah lebay jadinya bukan lebah)

Salam Inspirasi Hebat
Kang Aa Widi-Januari 2012

=========== ======

Artikel ini dikontribusikan ke milis The Managers Indonesia pada hari:
Minggu, 8 Januari, 2012 11:11

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar