Minggu, 08 Januari 2012

Time to Change

Oleh:  Thomas Joseph

Sebagai seorang manusia jika kita ingin hidup kita berubah menjadi lebih baik tentu kita harus berubah. Merupakan suatu kemustahilan jika kita hidup kita berubah menjadi baik bila kita tidak berubah dan tetap melakukan hal yang sama seperti yang biasa kita lakukan.
Yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya kita dapat berubah ? Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika Anda ingin berubah, yaitu:

Analisa Diri Anda (Mengenali Kondisi Anda saat ini)
Langkah pertama yang Anda lakukan, yaitu Anda harus mengenai kondisi Anda saat ini. Ajukan beberapa pertanyaan kepada diri Anda, lalu tuliskan pada sebuah catatan:
  • Apa aspek dalam kehidupan Anda yang sesuai dengan tujuan hidup Anda yang utama yang ingin segera Anda capai ? (misalnya: Karier atau Bisnis Anda, Kesehatan Anda, Kehidupan Percintaan Anda, Rumah Tangga Anda, Kehidupan Sosial Anda, Kehidupan Rohani Anda, dll)
  • Apa hal yang sudah Anda mulai dan tuliskan detail kondisinya saat ini (sebagai contoh untuk bisnis, apa bisnis Anda, apa produk/jasa yang Anda buat, apa kelebihannya, siapakah target market Anda, dan apakah pembeli Anda sudah sesuai dengan target market Anda, apakah kelebihan produk Anda merupakan yang target market Anda cari, dll.)
  • Dari apa yang ingin Anda capai tersebut jika diberikan Angka 1 (untuk paling awal) sampai 10 (Anda mencapainya), Anda sudah mencapai Angka berapa ?
  • Tuliskan faktor-faktor internal Apa saja yang Anda miliki dalam diri Anda yang dapat membantu Anda dalam mencapainya ! (misalnya: talent (bakat), knowledge, communication skill, wisdom, charisma, etc)
  • Tuliskan faktor-faktor eksternal Apa saja yang Anda miliki  yang membantu Anda dalam mencapainya ! (misalnya: network, mentor, friendship, family, environment, money/capital, opportunity, etc)

Goal Setting (Tentukan Anda ingin menjadi seperti Apa ?)
Langkah kedua yaitu Anda harus menentukan Goal sampai mana pencapaian yang Anda ingin peroleh (misalnya untuk karier sebutkan nilai bisnis yang Anda inginkan, bila ingin bentuk tubuh ideal sebutkan berapa berat badan/ tinggi badan yang Anda inginkan) Anda wajib menuliskan Angka dan Gambar agar otak Anda dapat menyimpan dalam alam bawah sadar Anda, tanpa target yang jelas (angka dan gambar) maka Anda seperti ingin pergi menuju sebuah tempat tanpa tujuan, hasilnya Anda tidak akan kemana-mana. Buatlah beberapa tingkatan untuk target pencapaian misalnya, target 1 tahun, target 5 tahun.
Saya berikan contoh target pencapaian dalam Bisnis:
  • Dalam Bisnis, Target 1 tahun, Anda ingin memiliki bisnis senilai 4 Milyar rupiah, 5 tahun Anda ingin bisnis Anda senilai 64 Milyar rupiah. Berarti Anda harus melipat gandakan nilai bisnis Anda 2x/tahun, tahun pertama 4 Milyar, tahun kedua 8 Milyar, tahun ketiga 16 Milyar, tahun keempat 32 Milyar,  tahun kelima 64 Milyar.
  • Cara menghitung nilai bisnis Anda yaitu net income Anda dalam 1 tahun x 7, jadi jika Anda ingin memiliki bisnis senilai 64 Milyar rupiah maka net income Anda dalam 1 tahun minimal harus 9,14 Milyar atau sekitar 760jt/bulan.
  • Tentukan net income Anda di tahun pertama yang Anda ingin capai. 4 Milyar : 7 =  Rp 571.00.000,-  atau Rp 47.583.000,-/Bulan Anda bisa genapkan jadi Rp. 48.000.000,-/bulan.
Jadi jika Anda ingin memiliki bisnis senilai 64 Milyar dalam 5 tahun dimana Anda bisa melipat gandakan net income Anda tiap tahunnya, Anda cukup memulai dengan net income Rp. 48.000.000,-/bulan di tahun pertama memulai target tersebut. Dengan Goal setting yang baik maka Anda akan mulai melihat bahwa Goal Anda dapat dicapai dan masuk akal.

Action Plan (Menentukan Langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil untuk mencapai apa yang Anda inginkan.)
Langkah selanjutnya Anda perlu menyusun Action Plan, dari target tersebut susunlah Action Plan. Tentukan hal apa saja yang perlu Anda lakukan agar dapat mencapai target tersebut. Misalnya Anda perlu membangun team, melatih team Anda, melatih marketing Anda, bikin seminar promosi, press release, membuat affiliate program, dan lain-lain. Susunlah Action Plan, Rencana Aktifitas Per bulan, Rencana Aktifitas Per minggu.

Konsistensi (Konsisten dengan Action Plan yang sudah Anda buat)
Konsisten menjalankan apa yang sudah Anda lakukan sesuai dengan Action Plan Anda adalah kunci sukses Anda. Untuk membuatnya menjadi konsisten Anda memerlukan pengorbanan, Anda harus bisa focus dengan tujuan dan rencana Anda, tanpa terganggu dengan hal-hal lain misalnya (peluang bisnis baru yang lebih menggiurkan, godaan-godaan untuk yang menghalangi Anda melakukan apa yang Anda telah rencanakan.)

Correction (Analisa mengapa Anda tidak memperoleh hasil yang Anda harapkan ?)
Jika Anda sudah melakukan tetapi tidak memperoleh hasil seperit yang Anda harapkan, lakukan analisa, apa faktor-faktor yang membuat Anda gagal, atau perubahan apa yang telah terjadi sehingga strategi yang Anda telah susun tidak berhasil.

Always Improvement (Tingkatkan terus apa yang terus Anda kerjakan)
Jika apa yang Anda lakukan telah membawa hasil, berarti apa yang Anda buat benar, maka Anda dapat terus menggunakan cara yang sama tetapi dengan melakukan improvement. Improvement tidak melulu harus menambah usaha dan waktu Anda dalah melakukan usaha, melainkan Anda dapat mengupgradenya dengan cara yang lebih baik. Misalnya dulu Anda melakukan promosi dengan seminar dan content promosi A dan berhasil, mungkin contentnya tetap sama tapi cara penyebarannya yang ditingkatkan misalnya dulu hanya dengan seminar promosi, sekarang Anda meningkatkan dengan membuat online seminar, otomatis akan meleverage usaha Anda dalam melakukan promosi.

Semoga Bermanfaat

Best Regards,

Thomas Joseph

Minggu, 1 Januari, 2012 21:36

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar